loader

Hai, Selamat datang di SMA Negeri 6 Metro

Image

DIMENSI LOMBA KOMPETENSI EKSKUL (KOMEKS) 2022

Hakikat lomba kompetensi ekskul adalah melatih kemampuan siswa untuk berorganisasi, berinovasi dan berkerjasama. Pelaksanaan ekstrakurikuler tersirat pada UU nomor 20 tahun 2003 tantang Sistem Pendidikan Nasional, dapat terwujud melalui kegiatan ekstrakurikuler yang merupakan salah satu kegatan dalam program kurikuler. Sedangkan dalam implementasinta diatur dengan Permendikbud nomor 62 tahun 2014 yang memuat sejumlah aturan terkait kegiatan ekstrakurikuler di lingkungan Pendidikan Dasar dan Menengah. Makna yang tersirat adalah kegiatan ekstrakurikuler bertjuan untuk mengembangkan minat, bakat, dan kreativitas  serta kemampuan peserta didik. 


Berkaitan dengan hal tersebut dinyatakan juga dalam Permendikbud Nomor 16 Tahun 2022 Pasal 6 ayat 4 yaitu optimalisasi potensi, bakat, minat, dan kesiapan kerja; b. pembentukan kemandirian; dan/atau c. penguasaan keterampilan hidup, sesuai dengan kondisi dan kebutuhan peserta didik. Hal ini sesuai dengan pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Makna ini menanamkan nilai-nilai kerjasama, bergotong royong, bernalar kritis dan berkebhinekaan global. Lomba kompetensi ekskul pelajar tingkat SMP dan SMA se-Provinsi Lampung yang diselenggarakan oleh SMAN 6 Kota Metro bertujuan untuk menggalang rasa persatuan dan kesatuan antar pelajar serta memupuk rasa persaudaraan.


Sebagai wahana untuk penggodokan bakat dan minat peserta didik, maka kegiatan ekstrakurikuler tetap terus dikembangkan dan digalakkan secara terus menerus serta berkesinambungan.

A.     



Yang mendasari dilaksanakannya kegiatan ini adalah program kerja SMAN 6 Metro tahun 2021/2022 dan rapat kerja OSIS SMAN 6 Metro.

B.     



Tujuan kegiatan adalah untuk ruang kepada pelajar  SMP/SMA se- Provinsi Lampung antara lain: a) Mendidik, inovatif dan menyenangkan, b) Menjalin komunikasi antar pelajar SMAN 6 Metro dengan masyarakat melalui ineteraksi, kreativitas, inovatif dan menyenangkan.

C.   Kegiatan ini diberi nama “ Lomba Kompetensi Ekskul Pelajar SMA/SMA se-Provinsi Lampung SMAN 6 Metro tahun 2022. Sedangkan  kegiatan memgambil tema “Sportivitas, Persaudaraan dan Prestasi”.

D.     



Seluruh tangkai lomba dimulai hari senin tanggal 24 s.d 30 Oktober 2022 yang diikuti sebanyak 11 SMP (14 tim) dan 32 SMA (39 tim). Puncak kegiatan lomba pada hari minggu tanggal 30 Oktober 2022 dengan cabang lomba antara lain: lomba baca Al-Qur’an, lomba kultum, lomba solo song, lomba pidato bahasa Inggris, lomba olimpiade sains, lomba PBB, dan lomba P3K. Sedangkan lomba futsal dimulai pada hari senin tanggal 24 Oktober s.d hari sabtu tanggal 29 Oktober 2022.

E.      



Sebagai bentuk rasa kemanusiaan, dilaksanakan juga kegiatan donor darah yang dilakukan oleh SMAN 6 Metro bekerjasama dengan PMI Cabang Kota Metro yang diikuti oleh 68 siswa dan beberapa orang guru. Moment ini sebagai wahana untuk membentuk karakter peduli sesame serta membangkitkan jiwa kemanusiaan yang muaranya menimbulkan rasa semangat cinta bangsa dan tanah airnya.

F.      



Pelaksanaan kegiatan Komeks seluruh kepanitiaan diamanhkan ke peserta didik yang tergabung dalam OSIS maupun MPK. OSIS dan MPK digembleng untuk mempersiapkan generasi emas jiwa kepemimpinan nasional dan bangsa.

G.     



Dimensi kegiatan bermanfaat baik bagi peserta didik maupun bagi masyarakat secara luas. Bagi peserta didik untuk melatih jiwa kepemimpinan, kemandirian, kegotong royongan, sekaligus berkhebinekaan global sebagaimana yang tersirat dalam pelaksanaan Projek Penguatan Profl Pelajar Pancasila. Jiwa kepemimpinan sebagai bentuk menyiapkan generasi emas untuk melanjutkan estafet pemimpin masa depan .

admin_img

tentang sekolah

SMA Negeri 6 Metro

Website Resmi SMA Negeri 6 Metro, Halaman Digital SMA Negeri 6 Metro