Visi SMA Negeri 6 Metro
Dalam usaha mewujudkan tujuan pendidikan nasional sekolah harus menyusun
Visi
Sekolah.
Visi
Sekolah : “Mewujudkan Peserta Didik Yang Unggul, Berahklaq
Mulia,
Berilmu, Berprestasi,
Peduli
Terhadap Budaya Dan Lingkungan”
Misi SMA Negeri 6 Metro.
Dalam usaha mewujudkan tujuan pendidikan nasional sekolah harus menyusun Misi
Sekolah.
Misi Sekolah :
- Mengembangkan perilaku religius warga
sekolah sehingga dapat mengamalkan ajaran agama yang dianutnya dalam
segala aspek kehidupan;
- Membudayakan disiplin, toleransi, saling
menghargai, percaya diri sehingga terbentuk sikap peserta didik yang
santun dan berbudi pekerti luhur.
- Mengembangkan semangat kebangsaan dan bela
negara yang berakar pada nilai-nilai budaya bangsa dengan tetap mengikuti
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta menumbuhkembangkan
budaya anti korupsi.
- Membina
Peserta Didik dalam prestasi akademis dan non-akademis ditingkat
Kabupaten/Kota, Provinsi, dan nasional;
- Menumbuhkembangkan
Prestasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan;
- Menciptakan suasana kerja yang sinergis
antara pimpinan, tenaga pendidik, dan tenaga kependidikan;
- Menerapkan pengelolaan sekolah yang
mengacu pada Standar Manajemen Mutu dengan melibatkan seluruh warga
sekolah, Alumni, Masyarakat;
8.
Melaksanakan penguatan
kurikulum dan kelembagaan untuk akselerasi
peningkatan mutu sekolah berbasis Standar Nasional Pendidikan
(SNP) dengan penguatan pelibatan orang tua/wali peserta
didik dan segenap stakeholder sekolah;
- Membina peserta didik dalam perolehan nilai
ujian sekolah dan Assesmen nasional serta berhasil masuk ke perguruan
tinggi negeri;
- Mewujudkan lingkungan sekolah yang
kekeluargaan ASRI BERSERI (Aman, Sehat, Rapi, Indah,Bersih, Segar, dan
Rindang).
- Menumbuh kembangkan budaya sekolah yang
peduli lingkungan.
- Mewujudkan sistem pembelajaran di sekolah yang berbasis IT (Ilmu dan Teknologi),
- Mewujudkan layanan pendidikan inklusi secara optimal bagi anak berkebutuhan khusus dan layanan khusus
- Mewujudkan sekolah ramah anak (SRA).
3.3. Tujuan
1.
Terwujudnya perilaku religius warga sekolah sehingga dapat
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya dalam segala aspek kehidupan;
2.
Terbudayakannya
disiplin, toleransi, saling menghargai, percaya diri sehingga terbentuk sikap
peserta didik yang santun dan berbudi pekerti luhur.
3.
Terwujudnya
semangat kebangsaan dan bela negara yang berakar pada nilai-nilai budaya bangsa
dengan tetap mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta
menumbuhkembangkan budaya anti korupsi.
4.
Terbinanya
peserta didik dalam prestasi akademis dan non-akademis ditingkat
Kabupaten/Kota, Provinsi, dan nasional;
5.
Tumbuhkembangkannya
Prestasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan;
6.
Terciptanya
suasana kerja yang sinergis antara pimpinan, tenaga pendidik, dan tenaga
kependidikan;
7.
Diterapkannya
pengelolaan sekolah yang mengacu pada Standar Manajemen Mutu dengan melibatkan
seluruh warga sekolah, Alumni, Masyarakat;
8.
Dilaksanakannya penguatan
kurikulum dan kelembagaan untuk akselerasi
peningkatan mutu sekolah berbasis Standar Nasional Pendidikan
(SNP) dengan penguatan pelibatan orang tua/wali peserta
didik dan segenap stakeholder sekolah;
9.
Membina peserta
didik dalam perolehan nilai ujian sekolah dan Assesmen nasional serta berhasil
masuk ke perguruan tinggi negeri;
10.
Terwujudnya lingkungan
sekolah yang kekeluargaan ASRI BERSERI (Aman, Sehat, Rapi, Indah,Bersih, Segar,
dan Rindang).
11.
Tumbuhkembangnya
budaya sekolah yang peduli lingkungan.
12. Terwujudnya sistem pembelajaran di sekolah yang berbasis IT (Ilmu pengetahuan
dan Teknologi),
13.
Terwujudnya layanan
pendidikan inklusi secara optimal bagi anak berkebutuhan khusus dan layanan
khusus
14.
Terwujudnya karakter jiwa
Anti Korupsi
15.
Terwujudnya sekolah
ramah anak.
16.
Terwujudnya Profil Pelajar
Pancasila
3.4. Tujuan
Jangka Pendek (1 Tahun)
a.
Penerimaan peserta didik baru tahun pelajaran 2021-2022 dilanjutkan dengan masa pengenalan lingkungan sekolah.
b.
Pelaksanaan Tes
Assesmen Diagnostik bagi kelas X
c.
Melaksanakan Proses
Pembelajaran.
d.
Melaksanakan
pendalaman materi
untuk
TPS
untuk persiapan SBMPTN,
Tryout, Doa Bersama, Pertemuan orang tua bagi kelas XII untuk persiapan
USBK,
SBMPTN, Kondisi yang diharapkan adalah :
e.
Melaksanakan Pembinaa
KSN,
Pembinaan KIR, Pembinaan debat bahasa Indonesia, dan bahasa
inggris, Pembinaan, Bimtek OSIS, Pembinaan kegiatan akademik dan non akademik dengan target prestasi
tahun
depan.
f.
Melaksanakan Kegiatan Persami dalam rangka kegiatan Penerimaan Tamu Ambalan
bagi siswa kelas X.
g.
Melaksanakan
Kegiatan
Peringatan Hari Besar
Nasional
dan
Hari
besar Keagamaan.
h.
Melaksanakan kegiatan pembelajaran di luar kelas satu bulan sekali dengan kegiatan olah
raga
bersama di barengi dengan kegiatan yang
lain penunjang
pembelajaran,
i.
Melaksanakan Kegiatan Literasi dasar dan Literasi Digital dilaksanakan setiap hari sebelum pembelajaran dimulai.
j.
Mengadakan kunjungan studi ke Perguruan Tinggi dan ke dunia industri baik
yang di dalam kota Metro maupun yang diluar
kota
Metro.
3.5.
Tujuan Jangka Menengah (3
Tahun)
a.
Membentuk peserta didik yang
unggul dalam karakter Profil Pelajar Pancasila serta
karakter-karakter lainya:
1)
Keimanan dan Ketaqwaan
Terhadap Tuhan YME
2)
Berkebinekaan Global
3)
Kerjasama / Bergotong royong
4)
Mandiri
5)
Bernalar kritis
6)
Kreatif
7)
Kejujuran
8)
Kemandirian dalam belajar
dan berorganisasi
9)
Sosial
10) Peduli Lingkungan
11) Budaya Berprestasi (akademik maupun
non akademik)
12) Cinta Tanah
Air
dan Berbangsa.
b. Mewujudkan kearifan keberagaman Agama, bangsa, suku, ras dan golongan sosial ekonomi dalam lingkup global.
c. Meningkatkan mutu lulusan
dibuktikan dengan peserta didik
dapat
1) Melanjutkan
di perguruan
tinggi maupun di sekolah
kedinasan.
2) Menghasilkan karya literasi berupa cerpen, novel, puisi dan atau sejenisnya
d. Meningkatkan manajemen perencanaan, pelaksanaan dan
evaluasi
pembelajaran.
e. Memanfaatkan teknologi informasi sebagai sarana pengembangan pendidikan
f. Mengembangkan kecakapan
interpersonal dan
intrapersonal seluruh warga ssekolah.
g. Meningkatkan
peran serta peserta didik di berbagai lomba di bidang ekstrakurikuler
maupun intrakurikuler baik tingkat kota,
propinsi, nasional dan
internasional
h. Meningkatkan
potensi peserta didik
dalam mengembangkan
komunikasi sosial melalui kemitraan yang berskala nasional maupun
internasional
i. Meningkatkan
pengelolaan manejemen
sekolah
j. Mengembangkan
Kemitraan
dengan lembaga-lembaga Perguruan Tinggi maupun
Dunia Usaha dan Dunia Industri.
k. Mengembangkan pembelajaran
yang
kolaboratif antar
mata pelajaran.
3.6.
Tujuan Jangka Panjang (5
Tahun)
a.
Menghasilkan
lulusan yang beriman dan
bertaqwa
dan berbudi pekerti luhur.
b.
Menghasilkan
lulusan yang berwawasan
luas dan
mampu bersaing
di era
Globalisasi
c.
Menghasilkan
lulusan yang mempunyai karakter Pancasilais dan
berbudaya lingkungan sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila.
d.
Mewujudkan SMA Negeri 6 Metro
menjadi sekolah pilihan masyarakat.
e.
Mewujudkan SMA Negeri 6 Metro
menjadi sekolah rujukan Sekolah Penggerak.
3.7.
Strategi Untuk Mencapai Tujuan.
Untuk dapat mewujudkan tujuan yang telah ditetapkan Sekolah
SMA Negeri 6 Metro menyusun
beberapa
rencana strategi pelaksanaan.
Adapun
strategi-strategi
tersebut adalah
:
1. Menyusun tim penjamin mutu dan tim pengembang
kurikulum
2. Melakukan analisis konteks terhadap kondisi dan
lingkungan sekolah.
3. Menyusun rencana kurikulum operasional sekolah dengan melibatkan unsur
dinas pendidikan setempat, pakar, perwakilan Dunia Usaha dan
Dunia Industri serta
komite sekolah.
4. Melakukan analisis kebutuhan program sekolah (kegiatan intrakurikuler,
ekstrakurikuler, pelatihan, pengadaan sarana prasarana, kegiatan pendukun, dan lain-lain)
untuk mendukung pelaksanaan rencana kurikulum
operasional sekolah
yang
sudah
disusun.
5. Menyusun RKAS (Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah) berdasar analisis kebutuhan
program.
6. Menyusun rencana serta instrumen Evaluasi, Pendampingan dan Pengembangan dengan melihat berbagai sisi (guru, tenaga kependidikan,
pelajar, orang tua dan
komite sekolah).
7. Melaksanakan kurikulum operasional sekolah dengan evaluasi harian, 1
bulanan, 1 semester dan 1 tahun.
8. Melaksanakan program perbaikan berdasar prioritas 1 bulanan, 1 semester dan
1 tahun.
3.9. SASARAN KEGIATAN SEKOLAH
1. Seluruh siswa, tendik dan pendidik melaksanakan ibadah agamanya dengan baik dan tepat waktu di lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah.
2.
Diselenggarakannya
peringatan hari-hari besar keagamaan secara rutin.
3.
Diselenggarakannya
kegiatan membaca kitab suci disetiap awal kegiatan belajar mengajar.
4.
Hafiz qur’an
bagi siswa/siswi yang Beragama Islam.
5.
Seluruh siswa
mendapatkan layanan pendidikan agama dan akhlak mulia dengan baik.
6.
Seluruh siswa,
tendik, dan pendidik mengembangkan sikap toleransi.
7.
Seluruh siswa,
tendik dan pendidik datang dan pulang sekolah tepat waktu.
8.
Seluruh siswa,
tendik dan pendidik melaksanakan tugas-tugasnya dengan baik, efektif, efisien
dan tepat waktu.
9.
Seluruh siswa,
tendik dan pendidik saling bertegur sapa dengan ramah dan santun.
10. Seluruh siswa berani menyampaikan ide, gagasan dan pendapatnya
serta beraktifitas dengan rasa percaya diri.
11. Seluruh siswa memahami sejarah perjuangan bangsa Indonesia
melalui kegiatan literasi, pembelajaran, diskusi, berkompetisi dan kegiatan
lainnya.
12. Seluruh siswa ikut serta dalam kegiatan peringatan hari-hari
besar nasional.
13. Seluruh siswa, tendik dan pendidik mengikuti upacara bendera setiap hari senin.
14. Seluruh siswa tidak melakukan kecurangan dan perbuatan tercela
lainnya dalam setiap kegiatan.
15.
Terselenggaranya pendidikan
anti korupsi.
16.
Diraihnya Juara umum KOSN
tingkat kota/provinsi/Nasional
17.
Minimal 3 siswa masuk KSN
tingkat kota/kabupaten/provinsi/nasional.
18.
Minimal 3 siswa masuk tiga
besar FLS2N tingkat Kota/Kabupaten/provinsi/nasional.
19.
Siswa meraih Juara 3
Olimpiade/LCT di Universitas Lampung atau yang sejenisnya.
20.
Tercipta budaya kompetisi di
sekolah melalui kegiatan kompetisi sekolah pada berbagai bidang seperti sains,
keterampilan, seni, olah raga, karya ilmiah, dan karya inovatif lainnya dan 75
persen siswa mengikutinya.
21.
Seluruh siswa mengikuti
kegiatan pengembangan diri (MPK, OSIS,
dan Ekskul) dengan baik.
22.
Terselenggaranya pelayanan
prima / exelen service
23.
Tendik dan pendidik mengikuti
kegiatan seperti olimpiade guru nasional, guru berprestasi, dan kegiatan
kompetisi lainnya pada tingkat kota/kabupaten, provinsi, atau nasional.
24.
Terciptanya suasana kerja
yang saling percaya, saling mendukung dan minim konflik untuk meningkatkan
pelayanan.
25.
Terpenuhinya 8
Standar Nasional Pendidikan dengan nilai akreditasi di atas 95;
26.
Seluruh siswa memperoleh nilai ujian sekolah
dan nilai assesmen nasional minimal 75;
27.
Minimal 30 persen peserta
SNMPTN diterima di perguruan tinggi favorit.
28.
Minimal 35 persen peserta
SBMPTN diterima di perguruan tinggi favorit.
29.
Seluruh siswa, tendik dan
pendidik melaksanakan 8 K;
30.
Terwujudnya sekolah yang
memiliki pagar disekeliling sekolah demi keamanan dan kenyamanan seluruh warga
sekolah.
31.
Pembuatan taman sekolah yang
indah yang membuat warga sekolah betah untuk beraktifitas di sekolah.
32.
Lengkapnya sarana olah raga
yang meliputi sarana indor untuk olah raga bulutangkis dan tenis meja.
33.
Lengkapnya sarana olahraga
outdoor untuk bola voli, futsal, dan bola basket.
34.
Lengkapnya sarana olahraga
atletik yaitu lompat tinggi, lompat jauh, tolak peluru, dan lempar lembing.
35.
Terbangunnya gedung
serbaguna.
36.
Tersedianya ruang praktek
tata boga dan keterampilan kreatif lainnya.
37.
Tersedianya ruang seni musik
dengan peralatan yang memadai.
38.
Terpasangnya papan denah
lokasi lingkungan sekolah.
39.
Tersedianya ruang seni
tradisional untuk latihan siswa dan guru.
40.
Terlaksananya kegiatan
penangkaran hewan langka dan lindungi.
41.
Terlaksanya kegiatan
penangkaran tanaman langka dan dilindungi.
42.
Terciptanya kawasan hutan
sekolah.
43.
Tercipyanya kebun produktif
sekolah yang ditanami berbagai jenis tanaman buah, hias dan obat.
44.
Seluruh warga sekolah
memiliki kesadaran dan kepedulian terhadap pelestarian lingkungan.
45.
Seluruh siswa terlibat aktif
dalam kegiatan apresiasi budaya terutama budaya tradisional atau daerah sebagai
wujud kecintaan kepada kebudayaan nasional..
46.
Terwujudnya sekolah model
berbasis IT.
47.
Terselenggaranya sekolah
adiwiyata.
48.
Terselenggaranya sekolah
ramah anak dengan prinsip non diskriminasi, kepentingan terbaik bagi anak, hak
hidup, kelangsungan dan perkembangan anak, dan penghargaan terhadap pendapat
anak.
3.10.
NILAI YANG DIKEMBANGKAN
SMA Negeri 6 Metro selama ini menjalankan beberapa Program Sekolah di
antaranya:
1.
Program Sekolah Ramah Anak (SRA)
2.
Program Pendidikan Anti Korupsi
3.
Program Sekolah Penggerak ( Menanamkan Karakter
Profil Pelajar Pancasila)
Dari Program – program tersebut, maka SMA
Negeri 6 Metro menanamkan Nilai – Nilai yang dikembangkan dalam proses
pembelajaran seperti:
1. Beriman, bertaqwa kepada Tuhan YME, dan
Berakhlak Mulia
2. Berkebinekaan Global
3.
Kerjasama / Bergotong royong
4.
Mandiri
5.
Bernalar kritis
6.
Kreatif
7.
Jujur
8.
Disiplin
9.
Berprestasi
10. Bertanggung Jawab
11. Toleransi
12. Aktif
13. Inovatif
14. Adaptif
15. Gemar belajar
16. Rasa senang
17. Persahabatan
18. Kebijaksanaan
19. Keseimbangan hidup.